Senin, 17 Oktober 2011

menanam melon di kebun halaman?? why not??


Syarat utama usaha budidaya melon dihalaman rumah adalah halaman harus terpapar sinar matahari minimal 8 jam perhari. Kalaupun halaman rumah hanya terpapar sinar matahari 5-7 jam, itu masih dapat digunakan untuk usaha budidaya melon, walaupun masa produksi lebih lama. Pengaruh lama penyinaran terhadap usaha budidaya melon berpengaruh pada proses fotosintesi(penyusunan bahan organik didalam daun), semakin lama terpapar sinar matahari, maka fotosintat (zat hasil fotosintesis) yang dihasilkan semakin banyak.
Apabila halaman rumah sudah tidak ada tanah karena disemen atau di paving, maka usaha budidaya dapat dilakukan didalam pot, atau didalam polibag. Isi polibag dengan tanah, atau pasir, atau arang, atau materi sisa hancuran tembok gedung, atau kombinasi dari bahan-bahan tersebut. Intinya semua materi yang mampu menyerap, dan menyimpan air dapat digunakan untuk media budidaya melon, yang penting tidak mengandung bahan beracun.
Persiapan media tanam, dimulai dengan mengisi polibag/pot dengan media yang mudah di peroleh, seperti uraian diatas. Persiapan berikutnya adalah perlakuan pada benih yang akan ditanam. Benih yang akan ditanam direndam dulu dalam air selama satu malam. Esok pagi harinya benih diambil, kemudian di taruh dalam kain basah, atau kertas basah. Kemudian diperam selama 24-48 jam, sampai tampak radikel(akar) keluar dari ujung benih. Bila benih sudah tampak radikelnya, maka benih siap ditanam dalam polibag/pot yang sudah disiapkan diawal.
Penyiraman dilakukan pagi dan sore hari, tergantung kondisi media, apabila pada siang hari media kering maka harus disiram. Pada awal penanaman sampai umur 5 hari tanaman disiram dengan air biasa tanpa penambahan pupuk. Setelah tanaman melon berumur 6-14 hari, tanaman disiram dengan penambahan pupuk NPK dan pupuk mikro. Pupuk NPK mudah diperoleh ditoko-toko pertanian, sedangkan pupuk mikro dapat diambil dari abu pembakaran kayu, daun, atau kulit buah. Pupuk harus dilarutkan dalam air terlebih dahulu, baru kemudian disiramkan pada tanaman melon
Bunga melon akan terlihat pada 3-4 minggu HST. Bunga jantan lebih banyak dari bunga betina. Bunga jantan akan mati setelah  1-2 hari setelah mekar. Sedangkan bunga Betina akan menjadi bakal buah jika proses penyerbukan berjalan sempurna. Bunga betina yg tidak terserbuki dengan baik akan mati dengan sendirinya setelah 2-3 hr setelah mekar. Membedakan bunga jantan dan bunga cukup mudah. Bunga betina memiliki tonjolan kecil dibawah kelopak bunganya, sedangkan bunga jantan tidak.  Bunga jantan akan terlihat mengumpul hampir di setiap pangkal daun, sedangkan  bunga betina hanya terdapat satu di ketiak daun.

Tanda/Ciri penampilan Tanaman Siap Panen
- ukuran buah sesuai dengan ukuran normal
- Jala/Net pada kulit buah sangat nyata/kasar
- Warna kulit hijau kekuningan
- Umur panen  +3 bulan setelah tanam
- Waktu pemanenan yang baik adalah pada pagi hari.

3 komentar:

  1. kalo kondisinya tanahnya kurang berair bagus nggak gan untuk tanam melon ?

    BalasHapus
  2. dari umur seminggu sampai dua minggu berapa kali harus dipupuk dan seberapa sering kah?

    BalasHapus