Senin, 17 Oktober 2011

Menanam Pisang di Halaman Rumah.. Mudah & Praktis

Siapa yang ga kenal dengan buah serba manfaat ini?? kalaupun ga suka buahnya, tapi pasti hampir setiap hari melihatnya meski sepintas lalu. Yup, tanaman ini hampir dapat dijumpai di manapun, dataran rendah maupun tinggi, di pedesaan maupun di perkotaan (note: ga termasuk kota yang dimana-mana cuma gedung-gedung yang tinggi. bersyukurlah aku masih tinggal di daerah yang mengenal PENGHIJAUAN ^_^ )...

Back to the point, memang tanaman ini tak seindah bunga yang dapat menghiasi halaman kita dan menjadikannya cantik untuk dilihat, tapi tanaman ini pun ga lepas juga dari estetikanya. Hal itu saya alami sendiri. Mertua saya (orang pensiunan memang punya seribu kegiatan agar tak bosan di rumah.. kegiatan yang patut ditiru&bermanfaat lho.. ) juga memiliki halaman yang tak begitu luas. namun halaman itu dimanfaatkan sebaik mungkin dengan menanam pohon-pohon. selain untuk penghijauan, hasil buahnya pun dapat dinikmati (kalo kata mertuaku sih, untuk anak cucu.. hehehehe... ). Nah, salah satunya ialah pohon pisang ini.

Beliau bilang bibitnya ini dari bangka (oleh-oleh dari kaka iparku). memang saat ia belum berbuah, keindahannya tak tampak. Tapi setelah ia tumbuh dengan rimbunan daunnya (sebaiknya rajin dipangkas dulu agar tidak terlalu tinggi), maka sebagian orang yang bertandang ke rumah mertuaku pasti senang melihatnya *jarang kan orang menanm pisang di teras rumah =).. terlebih saat pohon itu berbuah, setiap yang melihatnya pasti memujinya... bahkan beberapa orang memberi saran agar daun-daunnya kembali dipangkas agar tidak rimbun dan buah yang dihasilkan akan lebih montok (heemmm.. ) ,kira-kira 3bulan yang lalu, buahnya matang dengan sempurna. dan seperti kebiasaan mertua sebelumnya, buah pisang itu dibagikan ke tetangga meski cuma 3-4 pisang aja.. Katanya meski ga banyak, tapi itu bisa membuat tetangga senang (sungguh indahnya berbagi.. ).

seperti janji mertuaku, aku diberikan satu bibit dari cabang tunas pisang tersebut, alhamdulillah.. rejeki emang ga kemana.. xixixixi...  dengan semangat yang berkobar (untung ga kebakaran di jalan ), saya langsung menanm bibit pisang itu sore harinya. dibuat agak berundak, agar umbinya tidak terbenam tanah terlalu dalam (menyulitkannya mendapat air dan sinar matahari yang cukup), serta agar saat pohon tersebut tumbuh, tanah disekitarnya dapat menutupi pangkal batang sehingga penampilan pohonnya pun jadi lebih cantik.. penyiraman dilakukan pagi dan sore hari kecuali turun hujan gak perlu lagi disiram agar tidak tergenang dan tunas pohon bisa membusuk. kini 3 bulan telah berjalan. meski sempat diacak-acak anjing liar *musuh beratku nie.. :( tapi alhamdulillah, tanaman itu tetap dapat tumbuh subur..

well, tinggal nunggu 1,5 thn lg dech hingga pohon itu bisa berbuah (lama beud... bisa diketok magic gak y biar cepat berbuah??hehehehe).. Mudah bukan??ga perlu capek-capek kasih pupuk (tapi aku kasih pupuk juga dech biar ga ngiri sama tanaman lain)..ga perlu tanah yang macem-macem.. insyaallah jadi.. =) But, bagi yang mau membudidayakannya dalam skala besar, please don't try my way... takutnya hasilnya ga maksimal.. kalo aku kan menanam cuma untuk hobi dan penghijauan.. kalau berbuah, itu namanya REZEKI dari Allah SWT ^_^ biar ga penasaran, tengok nie foto pohonnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar